Saturday, March 27, 2010

manajemen strategik



Menurut Sondang P. Siagian (1995:15) manajemen strategik adalah “serangkaian keputusan dan tindakan mendasar yang dibuat oleh manajemen puncak dan diimplementasikan oleh seluruh jajaran suatu organisasi dalam rangka pencapaian tujuan organisasi tersebut”.
Sedangkan menurut Fred R. David (2002:5) manajemen strategik adalah “seni dan pengetahuan untuk merumuskan, mengimlpementasikan dan mengevaluasi keputusan lintas fungsional yang membuat organisasi mampu mencapai objektifnya”.
William F. Glueck (1998): “strategic management is a stream of decisions and action which leads to developmen of an effective strategies to help achieve objectives. The strategy management process is the way in which strategic determine objectives and makes strategic decisions”.
“manajemen strategis adalah suatu arus tindakan dan keputusan yang memimpin ke arah perencanaan dari suatu strategi efektif untuk membantu mencapai sasaran hasil. Proses manajemen strategi adalah cara yang strategis menentukan sasaran hasil dan membuat keputusan strategis”.
Thomas L. Wheelen & J. David Junger (1983): “manajemen strategi adalah serangklaian keputusan dan tindakan manajerial yang menentukan kinerja perusahaan dalam jangka panjang, termasuk formulasi strategi, implementasi dan evaluasi”.
Suwarsono (1996): “manajemen strategik dapat diartikan sebagai usaha menajerial menumbuh-kembangkan kekuatan perusahaan untuk mengeksploitasi peluang bisnis yang muncul guna mencapai tujuan perusahaan yang telah ditetapkan sesuai misi yang telah ditentukan”.
Analisis Lingkungan Eksternal Analisis Lingkungan Eksternal Proses analisis lingkungan eksternal harus dilakukan dengan dasar yang berkelanjutan. Proses ini meliputi empat kegiatan:
1. Scanning : Mengidentifikasi tanda-tanda awal perubahan lingkungan dan tren.
2. Monitoring : Menemukan arti melalui observasi secara terus menerus terhadap perubahan lingkungan dan tren.
3. Forecasting: Membuat proyeksi perkiraan hasil berdasarkan perubahan dan tren yang dimonitor.
4. Assessing : Menentukan waktu dan arti penting perubahan lingkungan dan tren terhadap strategi dan manajemen perusahaan.